Kamis, 17 Juli 2008

Pasar Komputer naik

dari : kompas 17 juli

Pasar komputer baru di seluruh dunia sepanjang kuartal kedua 2008 mengalami kenaikan di atas prediksi sejumlah analisi pasar. Permintaan yang tinggi di pasar berkembang dan penurunan harga di AS dan Eropa ditengarai sebagai faktor pemicunya.

Incorporated Data Services (IDC), melaporkan pengiriman komputer di seluruh dunia April-Juni 2008 mencapai 70,6 juta unit atau naik 15,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Gartner bahkan mencatat lebih besar yakni mencapai 71,9 juta unit atau naik 16 persen. Lembaga analis pasar itu sebelumnya hanya memprediksi pertumbuhan 11,2 persen saja.

Hewlett Packard masih bertengger di posisi puncal sebagai produsen terbesar sejak melibas Dell tahun 2006. Namun, keputusan Dell untuk masuk ke pasar ritel pada kuartal pertama diprediksi akan meningkatkan pertumbuhannya. Gartner memperkirakan pengiriman Dell tumbuh 22 persen sementara HP hanya 17 persen. Pangsa pasar HP bertahan sekitar 18,1 persen seperti tahun lalu, sedangkan Dell naik dari 14,8 persen menjadi 15,6 persen.

Produsen komputer lainnya yang bertengger di lima besar adalah Acer, Lenovo, dan Toshiba. Apple menduduki peringat keenam.

Analis Gartner, Mika Kitagawa, menyatakan kecenderungan ini didorong naiknya pengiriman komputer ke pasar berkembang seperti China, Brazil, India, dan Russia. Selain itu, saat ini terdapat kecenderungan lebih dari satu komputer dalam satu rumah karena meningkatnya popularitas laptop.

Pasar laptop mengalami kenaikan yang sangat tinggi tercermin dari naiknya keuntungan Intel hingga 25 persen pada kuartal kedua ini karena permintaan prosesor yang dipakai pada laptop.

IDC memprediksi pasar komputer dunia masih akan tumbuh 13,4 persen di tahun 2009 dan 12 persen tahun 2010. "Kita menunggu pengiriman PC menurun sedikit demi sedikit," ujar Loverde dari IDC.







0 komentar:

Posting Komentar

dimohon isi komentar anda, Syukur ada yang mau ngasih kritik yang membangun, untuk membangun silaturahmi