Senin, 26 Februari 2007

Windows XP di Komputer kecil

Windows XP yang biasanya berjalan lancer dikomputer yang memiliki spec yang lumayan gede ternyata bias juga diinstall dikomputer yang minim loh, ya ngga minim – miim banget. Namanya windows XP yang dilangsingkan ya so pasti ada beberapa component yang ngga dipakai, ya itu wajar lah kalau pengin outputnya ringan ya pasti beban dikurangin ya to, gitu aja kok repot.

Ok, Kembali ke laptooop. Berapa sih spec yang digunakan?, sebelum aku lanjutin kamu tahu nama windowsnya ? ya diberi nama Mini XP atau Tiny XP sesuai sekali dengan kondisinya. Spec yang dibutuhin berapa sih ? gini saya pernah coba installs tuh Tiny XP dikomputer Pentium 1 RAM 64, lancer euy.

Hasil instalasinya pun ngga terlalu memakan space hardisk, Cuma sekitar 400 MB kok dan RAM nya pun ngga kemakan abis. Tau dari mana ? ya dari task manager donk. Meskipun namanya Tiny XP tetap task manager ngga diilangin. Kalau di Task manager process yang berjalan itu Cuma 13 process, gila nggak? Macan.

Tapi jangan senang dulu, Windows ini (maksudnya yang saya miliki ) bermasalah dengan yang namanya printer, doi nggak mau nginstall printer berkali – kali aku add printer tetap ngga bergeming. Hal ini dapat terjadi karena waktu pembuatannya tidak menyertakan driver printer.

Terus dimana sih bisa dapetin itu Tiny XP? Ya cari pake google, tapi kebanyakan yang ada di internet itu torrent file, jadi kamu harus punya torrent client, missal bit torrent atau yang lain. Selain download torrent kalau ngga salah di rapidshare.de ada, tapi nggak tahu apa masih atau udah di remove.

Ada cara lain untuk ngedapetin Tiny XP caranya kamu bikin tuh OS Tiny XP, tapi kamu harus punya CD Windows XP, terus kamu harus punya yang namanya Nlite tapi sebelum kamu download Nlite kamu harus download dulu net framework versi 2.0. Kenapa harus pake windows XP ? Ya jelas harus pake dong kan kita mau bikin Tiny XP kalau pake kedelai itu kalau kita bikin tempe. Windows XP hanya sebagai resource sedangkan tools untuk membuang component digunakan nlite.

Untuk lebih afdol kamu download TinyXP.zip, cari tuh file di google, disitu ada petunjuk untuk memodifikasi Tiny XP, Untuk membuat TinyXP caranya cukup mudah.

1. Install Net framework 2.0

2. Install Nlite

3. Masukan CD Windows XP

4. Execute nlite

5. Follow instruksi yang ada

6. Burn file Tiny XP kedalam CD

File hasil nlite itu formatnya ISO jadi entar installnya tinggal masukin CD ke cd Room set boot sequence pada BIOS terus install dech. Waktu nginstall juga cepat ngga samapi 20 menit kok.

Ok Choy

4 komentar:

dimohon isi komentar anda, Syukur ada yang mau ngasih kritik yang membangun, untuk membangun silaturahmi