Jumat, 05 Desember 2008

40 th Mouse

Tahun 2008 menandai perayaan 40 tahun mouse komputer sejak pertama kali diciptakan dan digunakan pada 1968, meski peluncuran untuk penggunaan masif baru dimulai oleh Apple Macintosh di tahun 1984.

Sang perancang, Douglas Engelbart datang dengan idenya pada awal 1960-an sambil mengeksplorasi interaksi antara manusia dengan komputer pada California’s Stanford Research Institute. Pada 1964, tim nya hadir dengan prototype pertama namun baru empat tahun kemudian mouse komputer benar-benar dipublikasikan kepada dunia lewat demonstrasi multimedia 90 menit yang mengambil tempat di Fall Joint Computer Conference, San Francisco.

Sebelum mouse ditemukan, operator komputer harus menggunakan pena ringan untuk mengendalikan layar komputer. Prototype mouse Engelbart pertama diciptakan tidak lebih dari sebongkah kayu dengan sensor dan kabel menempel di bagian belakangnya. Karena kabel inilah para rekan ilmuwan Engelbart menjuluki alat tersebut dengan sebutan 'mouse', dan melekat hingga kini.

Mouse komersial pertama diluncurkan pada 1981 bersamaan dengan komputer Xerox Star. Namun, baru di tahun 1984 setelah Apple mengakuisis teknologi tersebut seharga USD 40.000, alat tersebut menjadi populer, bersamaan dengan diluncurkannya Apple Macintosh.

Bagaimanapun juga, peningkatan teranyar seperti teknologi layar sentuh dan gerakan terkendali (motion-controlled) kemungkinan akan segera menggeser peranan mouse. Timbul pula prediksi bahwa mouse tidak akan ada lagi dalam 40 tahun ke depan dan digantikan dengan teknologi yang lebih alami dan mudah digunakan.







0 komentar:

Posting Komentar

dimohon isi komentar anda, Syukur ada yang mau ngasih kritik yang membangun, untuk membangun silaturahmi