Rabu, 12 November 2008

Sudahkah masa depan kita siap

Sering kali kita terlalu sibuk melakukan banyak hal untuk keperluan saat ini. Kita lupa masa depan kita dan keluarga, terutama aspek finansial. Tapi, tidak ada kata terlambati. Masih ada waktu untuk mengambil langkah strategis untuk melindungi masa depan Anda dan keluarga. Bagaimana caranya? Ada dua hal penting yang perlu kita ketahui.

Perlindungan Masa Depan
Masa depan memang tidak dapat ditentukan dengan pasti, tetapi bukan berarti kita tidak punya kewajiban mempersiapkannya secara lebih baik. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk merancang masa depan yang lebih aman.

Kebutuhan vs Keinginan
Yang perlu dilakukan pertama adalah menetapkan anggaran, baik untuk kebutuhan maupun keinginan. Tentu saja untuk membuat anggaran, Anda harus mengidentifikasi kebutuhan Anda terlebih dahulu.
Begitu kebutuhan sudah teridentifikasi, dengan sendirinya Anda juga bisa mengidentifikasi hal-hal yang tidak Anda butuhkan. Pastikan Anda juga menyisihkan anggaran untuk hal-hal yang Anda impikan yang bisa dicapai dalam jangka waktu tertentu. Pos anggaran ini akan membuat hidup lebih bergairah, karena Anda bekerja untuk apa yang Anda inginkan juga, bukan sekadar untuk kebutuhan saja.
Darurat
Hidup kita tidak selamanya berada di puncak, ada kalanya kita harus menghadapi kondisi darurat, misalnya sakit, atau untuk kebutuhan mendesak lainnya. Jika kita sudah menyisihkan dana untuk keperluan darurat jauh hari sebelumnya, tentunya ketika dana ini diperlukan kita tidak terlalu bingung lagi. Jadi, pastikan Anda juga menyisihkan dana untuk keperluan darurat, walaupun jumlahnya per bulan tidak terlalu besar. Jika sewaktu-waktu ini diperlukan, paling tidak Anda sudah memiliki cadangan.

Pensiun
Nah, yang terakhir ini sering dilupakan banyak orang, padahal hal terakhir ini banyak menjadi kendala jika kita memang sudah mencapai usia pensiun. Banyak orang yang ketika bekerja cukup berjaya, namun ketika pensiun harus menderita. Tentunya kita tidak mau berakhir seperti ini.
Jadi, seperti halnya dana darurat, kita wajib menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk dana pensiun. Tujuannya adalah agar ketika waktu pensiun datang, kita tetap bisa hidup tenang. Seberapa banyak yang harus disisihkan, tergantung pada masa depan seperti apa yang kita inginkan. Kita bisa menghubungi instansi asuransi atau keuangan nonbank, bahkan lembaga perbankan yang menawarkan produk untuk dana pensiun.
Intinya, semasa bekerja berinvestasilah, sehingga begitu pensiun kita bisa melakukan divestasi.
Jadi, untuk perlindungan masa depan, kita perlu mempersiapkan paling sedikit empat pos anggaran yang perlu diisi tiap bulannya, yaitu pos anggaran kebutuhan rutin dan nonrutin, pos anggaran keinginan, pos anggaran untuk kebutuhan darurat, serta pos anggaran untuk kebutuhan pada waktu kita pensiun.

Perlindungan Masa Depan Keluarga
Bagaimana dengan perlindungan untuk keluarga? Tentu saja, kita juga perlu memikirkan keperluan keluarga.

Asuransi Kesehatan
Selain kebutuhan darurat untuk diri sendiri, kita juga perlu memikirkan kebutuhan darurat untuk keluarga. Dalam hal ini jika terjadi salah seorang anggota keluarga sakit, kita sudah siap dengan dana talangan untuk mengongkosi pengobatan dan perawatan di rumah sakit. Untuk itu, satu langkah penting yang bisa kita lakukan adalah melindungi keluarga dengan asuransi kesehatan, apalagi jika kita memiliki usaha sendiri, sehingga harus mengatur asuransi bagi keluarga sendiri.

Asuransi Jiwa
Selain asuransi kesehatan, ada baiknya kita juga melindungi keluarga dengan asuransi jiwa. Hal ini sangat bermanfaat jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri kita. Jika kita adalah kepala keluarga dan menjadi sumber penghasilan keluarga yang utama, keluarga akan sangat menderita jika terjadi hal yang tidak diinginkan kepada kita.
Untuk itu, kita perlu melindungi keluarga dengan asuransi jiwa. Sisihkan sebagian penghasilan untuk premi bulanan asuransi jiwa. Jika memungkinkan, kita juga bisa memilih asuransi jiwa yang juga berfungsi sebagai tabungan jangka panjang, yang bisa diambil jika kita mencapai usia tertentu.

Surat Wasiat
Selain asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, surat wasiat juga perlu dipersiapkan sebagai salah satu alat untuk melindungi keluarga, terutama dari konflik yang berkepanjangan. Hal ini menjadi mendesak terutama jika kita memiliki banyak anggota keluarga yang saling berkepentingan dengan apa yang bisa kita wariskan. Agar semua berjalan lancar dan untuk menghindari terjadinya perselisihan yang tidak diinginkan, akan lebih baik jika segala sesuatunya sudah direncanakan dan dipersiapkan dengan baik.
Walaupun kelihatannya sepele, kita perlu mempersiapkan surat wasiat ini. Kita masih bisa melakukan perubahan jika diperlukan, tetapi secara garis besar, paling tidak kita sudah mempersiapkannya sejak dini.
Untuk perlindungan keluarga di masa depan, kita perlu memikirkan beberapa hal yang mungkin saat ini terlihat sepele, antara lain pos asuransi kesehatan, asuransi jiwa, serta pembuatan surat wasiat.
Ini hanyalah beberapa hal penting yang perlu kita persiapkan agar masa depan kita dan keluarga menjadi lebih baik, lebih berkualitas, dan yang lebih penting lagi adalah agar masa depan kita dan keluarga menjadi lebih aman. Kerja keras kita tentunya ingin kita nikmati secara maksimal. Jadi, jangan lupa mempersiapkan diri dan keluarga Anda untuk masa depan yang lebih cerah

2 komentar:

dimohon isi komentar anda, Syukur ada yang mau ngasih kritik yang membangun, untuk membangun silaturahmi